Tutorial Cara bongkar drone Syma X12S


cara lengkap membongkar drone syma x12


Sahbat pramud, bagaimana cara membongkar drone syma X12 ? Cara lengkap melepas casing drone syma X12S, monggo di simak...!!

  Sahbat pramud, tahukan kalian sama yang namanya drone? Yup betul, drone itu merupakan benda yang bisa terbang dan bisa dicontrol pakai remot, hehe. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membongkar drone syma X12S.

  Syma X12S ini merupakan drone quad copter terkecil besutan dari syma. Dengan dimensi hanya 77x77x27 mm dengan bodi plastik membuatnya lebih ringan. Dengan remote control frekuensi 2,4GHz dengan jangkauan jarak maksimal sekitar 30 meter.



  Syma X12S mampu terbang diudara dan bertahan sampai kira-kira 8 menit. Dan drone syma X12S ini sangat cocok untuk belajar bagi pemula. Ya karena dengan ukuran yang sangat kecil dan harga terjangkau. Dengan demikian kalau mau belajar menerbangkan drone tidak takut jatuh dan rusak.

  Sahbat pramud, itulah sedikit ulasan mengenai spesifikasi dari syma X12S ini. Dan selanjutnya kita akan mengulas tentang bagaiman caranya membongkar drone syma X12S. Monggo disimak sahbat....!!

- Pertama kita harus melepaskan terlebih dahulu propeller atau baling-baling dari syma X12S ini. Dan caranya bagaimana? caranya kita tarik aja dengan kuat sahbat.

cara copot / melepas baling-baling drone syma X12S

- Setelah baling-balingnya kita lepas semua, selanjutnya kita balikan posisi drone seperti gambar dibawah ini. Lepas semua bautnya dengan obeng plus (+) kecil. Total ada empat baut sahbat, dan simpan baut itu jangan sampai hilang.

cara bongkar casing drone syma X12S

- Kemudian setelah semua baut terlepas, angkat casing bagian bawah untuk melepasnya. Silahakan lihat gambar dibawah ini yang casing bagian bawahnya sudah terlepas.

hasil bongkaran casing drone syma X12S

- Langkah selanjutnya, lepaskan baterainya dengan cara melepas kabel dari solderannya dan dengan solder tentunya. Kenapa baterai harus dicopot / dilepas terlebih dahulu? Tujuannya biar aman dan tidak terjadi short circuit ketika dalam proses pembongkarannya.

cara melepas dan mengganti baterai drone syma X12S

- Drone syma X12S menggunakan baterai 3,7V dengan kapasitas 100mAh. Dan bentuk baterainya pun kecil, yup karena untuk menyesuaikan bentuk bodinya yang imut pula. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

jenis baterai drone syma X12S

- Sahbat pramud, setelah itu kita harus lepas kaki sekaligus protektornya. Caranya diangkat dengan melepaskan kedua pengaitnya atau pengancingnya berlahan-lahan. Monggo lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

cara melepaskan kaki dan protektor drone syma X12S

- Gambar setelah keempat kaki sekaligus protektornya dilepas sahbat.

bongkar drone syma X12S indonesia

- Lanjut, dan sekarang giliran kita untuk melepas kabel motor dari rangkaiannya. Lepas / copot kabel motor dengan menggunakan solder. Untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

cara melepaskan kabel pada motor syma X12S

- Setelah semua kabel motor terlepas, angkat rangkaian pcbnya untuk memisahkan dengan bodi bagian atasnya sahbat. Seperti gambar di bawah ini.

cara lepas rangkaian pcb drone syma X12S

- Ini merupakan ganbar rangkaian pcb bagian atas drone syma X12S

bongkar rangkaian pcb bagian atas drone syma X12S

- Dibawah ini adalah gambar rangkaian pcb dari drone syma X12S.

bongkar rangkaian pcb drone syma X12S

- Dan akhirnya bagian per bagian dari drone syma X12S ini sudah terlepas sahbat. Dan terserah mau kalian apakan drone tersebut? hehe

cara servis rangkaian drone syma X12S


  Sahbat pramud, demikianlah sedikit ulasan tentang bagaimana cara membongkar drone syma X12S. Dan harap maklum jika kurang jelas ya sahbat..! sukses selalu buat kalian...!!!





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara bongkar drone Syma X12S"

Post a Comment