Cara memperbaiki memori RAM yang rusak

tutorial cara memperbaiki, servis, repair memori ram laptop pc - pramud blog

pramud blog - Tutorial lengkap bagaimana cara memperbaiki, servis, repair memori ram laptop / pc komputer yang rusak mati.. memori DDR2, DDR3, DDR4 SO-DIMM ataupun LONG-DIMM


  Sahbat pramud, memori RAM merupakan komponen yang penting untuk kehidupan sebuah laptop maupun PC komputer. Dan tanpa memori RAM, mustahil laptop / pc kita dapat menjalankan sistem operasinya.

  Dan kebanyakan yang namanya RAM ini biasanya cepet banget kerusakannya daripada komponen-komponen komputer lainya.

  Terkadang kita juga dibuat kesal dan jengkel ketika laptop / pc kita tiba-tiba tidak nyala atau mati, padahal ada pekerjaan penting. Dan laptop / pc mati tersebut karena memori RAM nya yang rusak, hadewhhh...

  Maka dari itu, Kita kali ini akan sedikit membahas dan mengulas tentang bagaimana cara memperbaiki memori RAM yang rusak atau mati.

  Dan pada kesempatan ini kita akan mencoba memperbaiki, servis, repair memori RAM laptop ( SO-DIMM). Akan tetapi cara ini juga dapat diterapkan untuk RAM pc komputer ( Long-DIMM ). Dan juga bisa diterapkan di semua jenis dan tipe RAM yang ada di pasaran seperti DDR2, DDR3, ataupun DDR4, yang tegangan biasa maupun yang LOW-Voltage (DDR3L).

  Oke.. langsung saja, untuk memperbaiki memori RAM yang rusak ini ada berbagai cara sahbat. Dan untuk itu saya memilih beberapa cara yang sangat mudah, sehingga bisa langsung dipraktekkan dirumah masing-masing.

  Tetapi saya juga tidak akan menjamin cara ini akan berhasil 100% ya sahbat. Akan tetapi peluang keberhasilannya tetap ada, dan saya sudah membuktikan itu.

Dan inilah beberapa cara mudah untuk memperbaiki memori RAM laptop yang rusak.

PERTAMA

   Sahbat pramud, cara yang pertama untuk memperbaiki memori RAM yang rusak adalah dengan cara membersihkan pin atau jalur tembaga yang konek dengan soket RAM.

   Cara membersihkannya dengan cara digosok dengan pengapus. untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini

bagaimana cara memperbaiki memori ram DDR2. DDR3, DDR4, so-dimm, long-dimm - pramud blog

  Bersihkan dengan penghapus secara pelan-pelan dan berulang-ulang. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang nempel dan kotoran atau korosi tersebut bisa menghalangi pin atau kaki-kakinya tidak terhubung dengan soketnya.

  Setelah memori RAM selesai dibersihkan dengan penghapus, kemudian kita tes dipasang di laptop. Apakah ada perubahan??

KEDUA

  Sahbat pramud, beralih ke cara yang kedua untuk memperbaiki memori RAM yang rusak. Dan cara ini lebih sedikit ribet dengan cara yang pertama tadi sahbat.

  Dan cara ini bisa kita lakukan jika kondisi komponen RAM kotor ataupun korosi. Caranya cuci memori RAM ini dengan detergen. Kemudian gosok dengan kuas berulang-ulang hingga berbusa dan terlihat bersih sahbat.

cara servis, memperbaiki ram laptop pc dengan dicuci - pramud blog

  Kemudian bilas memori RAM hingga bersih. Setelah itu semprot dengan angin kompresor biar cepat keringnya.

tutorial bagaimana cara memperbaiki memori ram yang mati - pramud blog





  Hati-hati untuk menyemprotkan anginnya, jangan terlalu tinggi tekanannya entar komponennya malah pada lepas...

  Setelah itu kita panggang memori RAM nya dengan lampu halogen biar cepet kering. Kalo tidak ada lampu halogen bisa juga dijemur dibawah terik matahari tapi akan memakan waktu yang cukup lama.

bagaimana cara memperbaiki memori ram yang mati rusak - pramud blog

  Setelah memori RAM benar-benar kering, kemudian dicoba dipasang di laptop. Apakah sudah bisa nyala atau belum?

KETIGA

  Untuk cara ketiga ini adalah merupakan cara yang cukup ekstrim sahbat. Dan seharusnya cara ini dilakukan oleh teknisi yang profesional. Akan tetapi tidak ada salahnya jika sahbat pingin mencoba cara ini.

  Cara ketiga untuk memperbaiki ram yang rusak adalah dengan solder ulang. Caranya dengan menggunakan blower solder uap. Tujuannya adalah untuk memanaskan solderan komponen yang retak-retak menjadi normal kembali.

cara solder ulang memori ram laptop pc rusak - pramud blog

  Dan itulah beberapa cara mudah untuk memperbaiki RAM laptop yang rusak sahbat. Yup... walaupun tidak menjamin keberhasilan, tapi cara tersebut pantas untuk dipertimbangkan.

  Dan jika memang cara-cara tersebut tidak berhasil, alangkah baiknya memori RAM pada laptop kita ganti yang baru sahbat.

Sahbat pramud, demikianlah sedikit ulasan tentang tutorial cara memperbaiki memori RAM yang rusak dengan mudah. Dan terimakasih banyak untuk sahbat semuannya yang telah meluangkan waktunya mampir di blog sederhana ini..... semoga bermanfaat, dan jika ada yang ditanyakan monggo langsung ditulis di kolom komentar... terima kasih..










Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara memperbaiki memori RAM yang rusak"

  1. bisa juga diperbaiki ya ram yang rusak, tapi kalau masih tidak bisa terpaksa harus di ganti dengan yang baru...
    power supply hp

    ReplyDelete
  2. Mksh untuk tips-tipsnya bro n yg cara pertama tadi menggunakan stip, sepertinya sy pernah cobra n sukses. Thanks yeahhh 👍👍👍

    ReplyDelete
  3. Kalau gak punya blower boleh pakai kompor elpiji

    ReplyDelete