Cara mudah memperbaiki LED TV Samsung yang mati

bagaimana cara servis memperbaiki led tv samsung rusak mati - pramud blog

pramud blog | cara servis, repair atau memperbaiki LED TV merk samsung 40 inchi dengan tipe UA40H5003 yang rusak mati total dengan mudah. monggo.. tetap pantengin artikel ini sampai habis sahbat!!



   Sahbat pramud yang berbahagia... sudah cukup lama nih saya tidak update menulis artikel di pramud blog ini. Ya.. maklumlah habis libur lebaran dan terlalu sok sibuk, hehe.

   Oke.. langsung saja sahbat, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara memperbaiki LED TV yang rusak dengan mudah.

   Kemaren atau beberapa hari yang telah lalu, saya mendapatkan sebuah televisi. Yup... sebuah LED TV dengan merk samsung dan dengan layar 40 inchi.

   Led TV samsung dengan tipe UA40H5003 ini lumayan besar sahbat, namanya juga 40 inchi, hehe. Sayang seribu sayang LED TV ini dalam keadaan rusak.

   Kerusakannya sendiri adalah LED TV tersebut mati total. Konon katanya dulu TV yang malang ini kesambar petir. Dan sudah pernah diservis ke tukang servis tv tapi tidak bisa terselamatkan alias tukang servisnya angkat tangan.

   Maka dari itu dengan sejarah yang cukup sadis tersebut, rasa penasaran pun bergejolak dan jiwa tukang solder pun muncul dalam diri saya ini, haha.

   Rasa penasaran apakah gerangan yang rusak didalam tubuh TV bongsor ini sehingga tidak mau nyala/hidup. Dan dengan semangat yang menggebu-gebu ini, LED TV samsung ini tidak sabar untuk saya bongkar.

   Langsung saja sahbat, kita mulai memperbaiki LED TV samsung 40" ini. Pertama siapkan terlebih dulu alat-alatnya sahbat. Alat yang kita butuhkan seperti obeng plus, solder, tenol, dan multimeter.

   Langkah pertama adalah membongkar bagian belakang dari LED TV samsung ini. Caranya sangatlah gampang, sahbat hanya perlu melepaskan semua baut-bautnya dengan obeng plus (+).

   Setelah semua baut kita lepaskan, kemudian angkat tutup bagian belakang dari bodi LED TV. Dan setelah kita angkat penutupnya, maka terlihat dengan jelas jeroan mesin rangkaian power supply ( PSU ) dan mainboard dari LED TV samsung UA40H5003 ini. Seperti gambar dibawah ini.


  Sahbat pramud, setelah itu saya pasang kabel powernya dan kemudian saya mencoba menyalakanya. Dan saya tunggu beberapa detik hingga menitan, ternyata tidak ada tanda-tanda kehidupan.

   Kemudian saya ambil multimeter dan saya ukur tegangan output dari rangkaian pcb card power supply / PSU nya. Dan benar saja TV ini mati gak mau nyala, indikator power standby nya pun tidak mau nyala. Dan setelah saya ukur outputnya ternyata tidak keluar tegangannya.

rangkaian psu power supply dan mainboard led tv samsung UA40H5003 - pramud blog

    Tidak butuh pikir panjang lagi, saya copot / lepaskan rangkaian pcb power supply LED TV samsung UA 40H5003 ini. Dan dibawah ini adalah tampang dri PSU tersebut.

cara memperbaiki rangkaian psu power supply led tv samsung 40 inchi ua40h5003 - pramud blog

   Kemudian saya lihat dan cermati komponen-komponen yang terbenam di rangkaian power supply / psu Led TV samsung 40 inchi ini. Ternyata benar, PSU ini sudah pernah diservis. Terlihat dengan jelas dibagian AC in, ada jalur yang sudah dijamper karena putus terbakar.

   Fuse atau sekering nya pun juga sudah diganti. dan lilitan bagian filter AC IN nya pun nampaknya sudah diganti lilitannya.

   Dan kemudian dengan penuh semangat saya pun mengecek semua komponen yang ada di rangkaian PSU tersebut. Saya cek pada bagian AC IN, komponen OK. Dan komponen bagian PWM pun tidak ada masalah.


cara perbaiki cek komponen pada bagian power supply led tv samsung ua40h5003 - pramud blog

   Kemudian beralih dibagian sekunder, dan disini nampak ada dioda rectifier yang rusak short. Terdapat 2 dioda rectifier yang ada dibagian sekunder rusak. Dioda tersebut untuk penyearah di tegangan 12VDC.

servis bagian psu power supply led tv samsung ua40h5003 yang rusak - pramud blog

   Sahbat pramud, kemudian saya copot dioda yang rusak tersebut dengan solder. Dan setelah itu saya ganti dioda rectifier dengan bentuk dan type yang berbeda. Disini kita bisa mengganti dengan tipe yang berbeda asalkan tetap menggunakan dioda rectifier frekuensi tinggi sahbat.

bagaimana cara memperbaiki rangkaian card psu power supply led tv samsung ua40h5003 - pramud blog

   Setelah saya ganti dioda yang rusak tadi, kemudia saya coba hidupkan power supply nya saja. Saya ukur tegangan output sudah keluar, yakni 12,5 VDC. Dan ada satu outputan lagi yakni output tegangan untuk menyupply lampu LED, tegangan keluaran nya sekitar 200-an VDC.

   Dan saya pun sudah yakin kalau card PSU ( power supply ) ini sudah tidak bermasalah lagi. Setelah itu rangkaian PSU nya saya pasang kembali di LED TV samsung tersebut.

   Setelah rangkaian saya pasang / rakit semua, kemudian saya coba hidupkan / nyalakan. Dan dalam sekian detik lampu indikator menyala merah. Perasaan hati pun menjadi senang yang membuat bibir ini tersenyum sumringah, haha.

   Bergegas saya ambil remote TV nya, kemudian saya tekan tombol power pada remote. Dan... eng ing engg... sang TV yang dulu mati kini pun hidup kembali sahbat.

bagaimana cara memperbaiki led tv samsung UA40H5003 40 inchi - pramud blog

Sahbat pramud, dan pada akhirnya selesai dan berhasil sudah dalam rangka mengoperasi tv matot / mati total. Dan demikianlah cara memperbaiki / servis, repair LED TV samsung 40 inchi UA40H5003.

Terimakasih buat sahbat sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog yang sangat sederhana ini. Dan jangan pernah takut untuk mencoba!!!!










Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "Cara mudah memperbaiki LED TV Samsung yang mati "

  1. boleh juga dicoba memperbaiki sendiri...
    solder uap

    ReplyDelete
  2. Mas tv samsung saya lampu indikator power nyala tp waktu di tekan power pada remote langsung nyala tp hanya tulisan samsung trus mati lagi. .. Itu kora2 apanya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek tegangan outputnya, kayaknya di yg bagian kabel merah/kuning itu tdk stabil, kemungkinan elco harus diganti

      Delete
    2. Jd di kabel merah kuning itu tegangan output mas ya???

      Delete
  3. Kl gambarnya bergaris pd bagian atas hampir separo,apanya yg rusak ya mas

    ReplyDelete
  4. mas z juga tv y kyk gitu tpi masalahy z perempuan nggak ngerti gmn ya?

    ReplyDelete
  5. Mas.. terima jasa service? Lokasi dimana?

    ReplyDelete
  6. Kalo mislkan tv samsung 43inch lagi dalam keadaan nyala tba2 matii..
    Dan lampu power tdak menyala...
    Pncet tombol power blakang tv ttep ga nyala. .
    Penyebabnya apa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak punyaku gan nasibnya gitu juga

      Delete
  7. LED display signs are made out of a given number of LED boards. Clearly the definite number of boards and their arrangement relies upon the size and size of the display itself.led displays

    ReplyDelete
  8. Selamat siang, TV led sy lampub indikator nya berkedip kedip..teg output di psu A5V , POWER on off 3V , kira2 rusak bagian apa nya ya ?
    Mohon pencerahan nya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Tv LED 43inchi model UA43N5001AK ,mati standby gimana solosi nya master

    ReplyDelete
  10. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. xcine.tv/traler

    ReplyDelete
  11. The LED display have constantly enabled the doctors to get connected to the patient's electronic health record or the EHR's which provides a comprehensive information about the patient's medical history and the ongoing prescriptions for the prescribed medicines. จอled

    ReplyDelete
  12. Mas klo lampu indikator nyala remote normal tp tv samsung saya 32in saya gk bisa nyala kira" apanya ya yg eror

    ReplyDelete
  13. There are also mobile cart stands for LED televisions that shield your set from the elements while allowing you to wheel out your LED for outdoor get-togethers or family reunions.Best TV Under 10000

    ReplyDelete
  14. Samsung 24inch tiba tiba mati lampu indikatornya Ndak kagetnyala karena pas hujan ada petir.solusi nya gimana?

    ReplyDelete
  15. This is ironic because most buyers associate thinness with higher cost. The truth is that when the LED television is truly backlit, rather than edge-lit, there's more customizability with respect to local dimming, dark tones and high contrast. small smart tv

    ReplyDelete
  16. Thanks for sharing the post.. parents are worlds best person in each lives of individual..they need or must succeed to sustain needs of the family. iptv free

    ReplyDelete
  17. Tanya mas samsung led tv UA32FH4003R di start cuma lampu indikator yg nyala,dan ada suara start. backligt mati di layar gelap gak ada gambar atau gerimis. Sdh cek PSU, tegangan primer normal, tegangan output 12,8 VDC perkiraan apa ya bang,

    ReplyDelete
  18. Tanya mas samsung led tv UA32FH4003R di start cuma lampu indikator yg nyala,dan ada suara start. backligt mati di layar gelap gak ada gambar atau gerimis. Sdh cek PSU, tegangan primer normal, tegangan output 12,8 VDC perkiraan apa ya bang,

    ReplyDelete
  19. tv samsung sy ua40d5003dm mati total lampu indikator juga mati tegangan pd PSU normal kira2 apanya ya mohon solusinya lampu backlight bagus sudah sy cek tanpa mb baclight hidup tapi bila dihubungkan ke mb tidak mau hidup backlight maupun indikatornya

    ReplyDelete
  20. tv led samsung saya 40d5003 mati total jika kabel output dilepas lampu backlight hidup berarti mb rusak kira2 apanya ya yg rusak

    ReplyDelete
  21. The next time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. I mean, I know it was my choice to read, but I actually thought you have something interesting to say. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention. transparent OLED display

    ReplyDelete
  22. The material and aggregation is excellent and telltale as comfortably. https://tvmounting.us/tv-installation-orange-county/

    ReplyDelete
  23. Thanks for picking out the time to discuss this, I feel great about it and love studying more on this topic. It is extremely helpful for me. Thanks for such a valuable help again. https://www.tcl.com/in/en/blog/what-are-the-differences-between-smart-tv-and-android-tv

    ReplyDelete
  24. Suhu tv samsung 43 in mati mendadak kira2 aoanya ya..

    ReplyDelete