Tutorial cara membongkar Asus Zenfone 5

tutorial bagaimana cara bongkar, lepas casing bodi asus zenfone 5 - pramud blog

pramud blog - Tutorial lengkap bagaimana cara membongkar, melepas casing / bodi pada smartphone Asus Zenfone 5. Melihat lebih dalam tentang jeroan, mesin mauapun rangkaian pcb / circuit board asus zenfon 5 ( T00F ). Langkah untuk memperbaiki, servis, repair komponen hardware hp asus zenfone 5.

   Sahbat pramud yang berbahagia... berjumpa kembali dengan pramud.com, blog yang gak tahu arahnya mau kemana. hehe. Oke sahbat.. kita tidak akan membahas itu, akan tetapi pada kesempatan yang cukup ceria ini saya disini akan sedikit mengulas tentang produk dari asus yakni Zenfone 5.

  Di sisni kita tiadak akan membahas mengenai review maupun spesifikasi dari asus zenfone 5 ini. Akan tetapi kita akan sedikit membahas tentang bagaimana cara membongkar smartphone Asus Zenfone 5. Emmzz... cukup menarik bukan?

  Karena smartphone Asus Zenfone 5 ini sudah cukup lama dirilis dan sudah banyak alias bejibun penggunanya di tanah air. Dan sudah banyak pula sahbat yang mengalami masalah dengan handphone Asus Zenfone 5 nya.

   Dan bagi sahbat pramud pengguna Asus Zenfone 5 yang masih bingung bagaimana cara membongkar atau melepas casing dari Zenfone 5 ini, tepat sekali mampir di blog sederhana ini, hehe.

Alasan kenapa kita harus bongkar smartphone Asus Zenfone 5 ini :
- Layar LCD touchscreen pecah atau mati, jadi pingin tahu bagaimana cara ganti LCD sendiri.
- Baterai Asus Zenfone ngeDrop, ganti baterai yang baru.
- Mau ganti speaker, microphone / mic, kamera, tombol yang rusak.
- Slot simcard / microSD pada asus Zenfone 5 bermasalah atau rusak
- Handphone Asus Zenfone tidak bisa di cas ( charge ).

  Dan masih banyak lagi alasan-alasan yang menguatkan kita untuk membongkar si Zenfone 5 ini. Oke sahbat, gak usah panjang lebar.. Mari kita lanjutkan bagaimana cara membongkar handphone Asus Zenfone 5?

  Sahbat pramud, pertama-tama siapkan handphone yang mau di eksekusi dan alat-alat pendukungnya, seperti obeng plus kecil dan alat untuk mencongkel. Dan jangan lupa sebelum mulai membongkar asus zenfone 5 ini kita berdoa terlebih dahulu, agar diberi kemudahan dan kelancaran.

  Untuk kasus kali ini, zenfone 5 ini LCD dan touchsreennya pecah sahbat, jadi harus dibongkar untuk menggantinya.

cara memperbaiki, service, servis, repair asus zenfone 5 yang rusak - pramud blog
 
   Untuk langkah awa kita harus lepas tutup belakang / backcover / backdoor pada Asus Zenfone 5 ini. Caranya pun mudah sahbat, congkel saja pada bagian tepi secara menyeluruh hingga tutup belakangnya terlepas. Untuk lebih jelasnya, monggo lihat gambar di bawah ini sahbat!

cara lepas copot backcover, backdoor, tutup belakang baterai asus zenfone 5 - pramud blog

  Dan tutup belakang  atau back cover pun sudah terlepas dari bodinya sahbat..

cara melepas atau membongkar casing asus zenfone 5 - pramud blog

  Dan langkah selanjutnya yaitu kita lepas semua baut-bautnya dengan obeng plus kecil ya sahbat. Untuk melepaskan bautnya harus dengan hati-hati, agar bautnya tidak rusak sahbat.

tutorial lengkap bagaimana cara membongkar dan memperbaiki asus zenfone 5 yang rusak - pramud blog

  Setelah bautnya terlepas semua, selanjutnya adalah kita copot / lepas tulangan bodinya. Caranya, congkel mengelilingi tepi / pinggir handphone nya. Seperti gambar di bawah ini sahbat

cara melepas casing baterai asus zenfone 5 indonesia - pramud blog

  Setelah kita congkel dan terlepas kancingannya, kemudian kita angkat atau pisahkan bodi tulangan dengan bodi bagian depan ( layar LCD ). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah!

cara melepas dan membongkar tulangan casing asus zenfone 5 - pramud blog

   Dan setelah tulangannya terlepas, terlihat dengan jelas jeroan rangkaian pcb dan baterainya sahbat.

membongkar jeroan mesin asus zenfone 5 - pramud blog

  Kemudian kita lepas soket baterai dan soket simcard nya sahbat.

cara melepas atau copot soket pada slot simcard asus zenfone 5 - pramud blog

  Kemudian lepas atau copot juga soket bagian yang menghubungkan dengan rangkaian pcb bawah

tutorial cara melepas soket soket pada hp asus zenfone 5 - pramud blog

 Lepas juga soket untuk tombol, soket LCD touchscreen, dan soket-soket lainya sahbat.

cara melepaskan / copot soket bagian tombol handphone asus zenfone 5 - pramud.com


cara lepas copot soket bagian layar LCD touchscreen asus zenfone 5 - pramud blog

  Oke sahbat, setelah semua soketnya terlepas, selanjutnya kita lepas rangkaian pcb / circuit board zenfone 5 ini dengan cara diangkat pelan-pelan sahbat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

cara melepas mesin rangkaian pcb asus zenfone 5 - pramud blog

  Setelah kita berhasil melepas rangkaian pcb bagian atas asus zenfone 5 ini, kemudian kita lepas juga rangkaian PCB yang ada dibagian bawah. Untuk soket-soketnya juga harus dilepaskan ya sahbat.

cara melepas rangkaian pcb charger asus zenfone 5 - pramud blog

   Dan akhirnya, kita berhasil melepas atau mencopot jeroan atau rangkaian pcb / circuit board pada smartphone Asus Zenfone 5. Untuk jeroan mesin dari asus zenfone 5 seperti gambar dibawah ini sahbat.

jeroan mesin, rangkaian pcb, mother board atau board circuit asus zenfone 5 - pramud blog

  Sahbat pramud, gambar dibawah ini adalah gambar / foto dari rangkaian pcb / circuit board tampak belakang. Di sini terlihat dengan jelas modul kamera bagian belakang ( primer ). Di sisi ini juga terbenam slot micro SD dan port audio dari asus Zenfone 5.

tampak bagian belakang rangkaian pcb, modul kamera, komponen ic memori, ic ram, ic prosesorsoket asus zenfone 5 - pramud blog

  Rangkaian pcb / circuit board asus zenfone 5 tampak bagian depan terlihat kamera depan dan komponen ic yang dibalut dengan heatsink. Agar komponen-komponen seperti ic memori flash, ic ram, ic prosesor, ic regulator bekerja secara maksimal walau dalam suhu yang tinggi. Untuk lebih detailnya monggo lihat gambar di bawah ini sahbat.

rangkaian pcb, circuit board, ic komponen jeroan , ram, memori, prosesor asus zenfone 5 - pramud blog

  Sahbat pramud yang berbahagia... setelah semua mesin rangkaian pcb kita lepaskan, langkah selanjutnya adalah melepas baterai. Untuk melepaskan baterai Asus Zenfone 5 dengan cara dicongkel, karena baterainya hanya dilem sahbat.

bagaimana cara melepaskan baterai hp Asus zenfone 5 - pramud blog

  Dan akhirnya baterai original dari handphone Asus Zenfone 5 berhasil kita lepas. Untuk baterai bawaan aslinya sendiri berkapasitas 2110 mAh.

ganti baterai asli original asus zenfone 5 - pramud blog

  Oh.. iya sahbat, Jika sahbat hanya pingin / mau mengganti baterai dari asus zenfone 5 saja, maka sahbat tidak usah melepas ( mencopot ) rangkaian pcb ( mesin ). Sahbat tinggal lepas soket-soket yang berhubungan dengan baterainya, kemudian langsung lepas baterainya dan ganti dengan baterai yang baru.

Sahbat pramud, Demikian sekilas ulasan tentang bagaimana tutorial cara membongkar smartphone Asus Zenfone 5 ini. Dan jika masih banyak salah kata diharap maklum ya sahbat.. Dan pada artikel berikutnya kita akan lanjutkan dengan mengulas bagaimana cara melepas dan mengganti LCD dari Asus Zenfone ini.
Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir di blog yang sederhana ini...







Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tutorial cara membongkar Asus Zenfone 5"

  1. Masang nya lagi gaada min? hahahahah ngeri ribet

    ReplyDelete
  2. Min cara buka tutup kaleng nomer 3 dari bawah pake apa min ..
    Yg di tutupi warna kuning..

    Terima kasih tolong di blz ya min...

    ReplyDelete
  3. Harga batrei originalnya berapa ya min klu boleh tau

    ReplyDelete
  4. Ukuran obeng nya berapa gan? Kok ane udah beli beberapa obeng gak ada yang pas ya???

    ReplyDelete
  5. it is of course wise to always use recycled products because you can always help the environment,. https://royalcbd.com/faq/

    ReplyDelete