Cara membuat box speaker subwoofer dengan mudah

cara lengkap rakit box speaker subwoofer

pramud.com | bagaimana cara membuat box speaker subwoofer 8 inchi 2 away untuk di dalam ruangan? Tutorial lengkap membuat dan merakit box salon speaker sendiri dengan mudah

  Sahbat pramud, bagi kalian yang suka dengerin lagu atau musik pasti kalian juga suka suara jedug-jedug yang keluar dari box speakernya. Dan kemudian sahbat kepingin membuat box speaker sendiri biar kalo dengerin musik makin menggelegar dan tambah asyik tentunya.

  Walaupun sudah banyak box speaker aktif yang dijual dipasaran dengan harga murah, akan tetapi kalau kita bisa membuat box speaker sendiri itu lebih membanggakan dan ada kepuasan tersendiri, betul gak? hehe

  Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas dan membagi pengalaman saya tentang bagaimana cara membuat box speaker subwoofer sendiri dengan mudah.

  Berawal dari ketika saya melihat digudang ada papan triplek yang cukup lebar dan tebal, maka dengan tiba-tiba saja terlintas dipikiran keinginan untuk membuat sesuatu dengan papan triplek ini. Dan sesuatu itu adalah box speaker, biar jedug-jedug dengerin musiknya. Maklum saja, saya kalau dengerin musik cuma pake headset, hehe.

  Oke.. langsung saja sahbat, Saya menggunakan papan triplek dengan ketebalan 2cm. Ya.. adannya cuma itu, hehe.. Akan tetapi jika sahbat pramud mau buat box speaker yang lebih bagus gunakan kayu atau MDF biar hasil suaranya lebih bagus dan mantap.

  Hal pertama yang harus dilakukan adalah perencanaan rancangan untuk ukuran box speaker. Pada kesempatan ini saya ingin membuat box speaker digunakan untuk speaker subwoofer 8 inchi dan sebuah tweeter. Yup.. istilah kerennya sih box speaker 2 away.

  Dengan bekal keyakinan yang kuat dan cukup nekad, saya pun merancang box speaker yang akan saya buat nanti. Untuk ukuran dan rancangan box speaker subwoofer 2 away sebagai berikut:

ukuran luar box speaker subwoofer 2 away 8 inchi untuk ruangan


  Diatas adalah merupakan gambar ukuran dari keseluruhan atau luar box speaker, ukuran termasuk dengan ketebalan 2 cm. Dengan acuan atau pedoman volume box speaker 8'' = 14580 - 25920 cm3. Dari gambar di atas maka diperoleh hasil volume setelah dikurangi dengan ketebalan papan yakni 56cm x 23cm x 16cm = 20608 cm3

  Selanjutnya dengan gambar diatas kita buat lagi ukuran papan triplek yang akan kita potong nanti. Kita tentukan ukuran dengan melihat ketebalan papan dan cara kita memasang sisi per sisi box speaker yang akan kita buat nanti. Untuk ukuran papan yang akan kita potong seperti gambar dibawah ini.

ukuran tiap sisi box speaker subwoofer yang akan dipotong


  Kita buat ukuran terlebih dahulu pada papan memakai pensil dan penggaris. Buat persegi panjang dengan ukuran 60cm x 27cm sebanyak 2 buah, ini digunakan untuk sisi depan dan belakang.

  Kemudian buat persegi panjang dengan ukuran 60cm x 16cm sebanyak 2 buah, dibuat untuk sisi samping kiri dan kanan. Dan selanjutnya untuk bagian sisi atas dan bawah dengan ukuran 23cm x 16cm sebanyak 2 buah juga.

  Setelah selesai menggambar sketsa di atas papan triplek kemudian kita potong-potong menurut ukurannya masing-masing dengan gergaji.

cara memotong papan kayu buat box speaker subwoofer

  Setelah bagian per bagian kita potong dengan rapi menggunakan gergaji, kemudian ambil papan bagian sisi depan. Kemudian buat 3 lubang sesuai dengan gambar desain diatas.

   Lubang speaker subwoofer kira-kira berada ditengah dengan ukuran disesuaikan dengan speaker yang akan dipasang. Kemudian diatasnya buat lubang yang lebih kecil untuk tweeter, ukurannya pun disesuaikan dengan tweeter yang akan kita pasang. Tidak lupa juga dibagian bawah kita buat lubang untuk lubang angin sahbat.

cara membuat lubang untuk speaker pada box speaker

  Sahbat pramud, setelah kita selesai membuat lubang pada bagian sisi depan. Kemudian kita lanjutkan dibagian sisi belakang. Pada papan bagian sisi belakang kita buat lubang untuk terminal box speaker. Dan ukurannya juga disesuaikan dengan ukuran terminal yang akan dipasang. Dan untuk kali ini saya menggunakan terminal dengan bentuk persegi.

cara membuat box speaker dengan mudah

  Dan setelah bagian sudah beres, tiba saatnya papan tersebut kita rakit atau susun menjadi sebuah karya yaitu box speaker. Dalam perakitan kita harus hati-hati agar semua terlihat pas. Sisi per sisi kita satukan dengan menggunakan baut kasar yang lancip ujungnya dengan panjang baut kira-kira 3cm ( disesuaikan dengan tepal papan juga ya).

  Untuk sisi bagian depan jangan kita pasang dulu sahbat, kita pasang sisi yang lainnya terlebih dahulu. untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

cara merakit box speaker sendiri dengan mudah

  Baut dengan kencang tiap sisinya, atau bisa juga dengan menggunakan paku.

cara membuat box speaker subwoofer untuk ruangan

  Sahbat pramud, setelah kita rakit semua tanpa sisi bagian depan maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

tutorial cara membuat box speaker subwoofer 8 inchi

  O iya... untuk perakitannya atau pemasangannya harus sesuai dengan ukuran yang sudah kita buat tadi diatas sahbat. untuk ilustrasi pemasangannya silahkan lihat gambar dibawah ini!  ( tampak dari atas )

cara pemasangan atau perakitan box speaker subwoofer


  Untuk langkah selanjutnya adalah pengeleman, tujuanya untuk menutup semua rongga udara ( biar tambah rapet). Kita gunakan lem kayu dicampur dengan serbuk kayu halus, atau pakai lem kayu saja juga sudah cukup. Yang harus kita lem adalah pinggir maupun pojok pertemuan antara kedua sisi agar rongga udara tertutup sehingga suara yang dihasilkan nanti lebih mantap.

cara membuat box speaker dengan mudah dan gampang

Setelah lemnya cukup kering, selanjutnya kita pasang sisi bagian depan dengan baut dan pasang dengan presisi biar hasilnya bagus sahbat.

membuat box speaker 8 inchi

Setelah bagian depan kita pasang kita lem lagi bagian dalam yang belum dilem dan juga bagian luar hingga rata. Tunggu lemnya hingga benar benar kering sahbat. Kemudian kita tinggal memasang speaker subwoofer 8 inchi dan tweeter. Dan sudah siap untuk jedug-jedug ria sahbat... hehe...

Dan untuk hasil dari pembuatan atau perakitan box speaker subwoofer 8'' 2 away seperti dibawah ini. Di bagian belakang terlihat terminal speaker berbentuk kotak dengan dua port positif dan negatif.

tutorial cara membuat box speaker dengan mudah

   Di bagian depan terlihat dengan jelas sebuah speaker subwoofer dengan diameter 8 inchi. Dan juga diatasnya terdapat sebuah tweeter. Dan paling bawah terlihat ada lubang udara. Saya menggunakan crossover pasif 2 away yang dipasang di dalam box speaker ini. Untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

cara buat box speaker 2 away

Untuk review kelebihan dan kekurangan dari speaker subwoofer legacy ini silahkan baca artikel selanjutnya DISINI

Sahbat pramud, dan akhirnya selesai sudah kita membuat box speaker subwoofer 2 away. Box speaker ini cocok digunakan didalam ruangan atau kamar dan kurang cocok kalau buat outdor.Terima kasih, dan semoga bermanfaat bagi sahbat semuanya.








Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara membuat box speaker subwoofer dengan mudah"

  1. pa mau nanya dong
    ceritanya saya punya speker merk microlab 2.1
    tapi bass nya kurang nendang..
    apakah bisa ditambahkan dengan subwofer tambahan
    kebutulan saya ada speker nganggur bekas 8 inci

    ReplyDelete
  2. wah itu bikin lubang lingkarannya kynanya rada sulit

    ReplyDelete
  3. The same is true of subwoofers, but be careful! Since lower frequency distortion is harder to perceive, it's easy to overdo it, and blow your subwoofers. more info

    ReplyDelete
  4. Your main speakers are best suited to reproduce high and mid-range frequencies.https://www.amplifierexperts.com/how-to-make-an-amplifier-for-subwoofers/

    ReplyDelete
  5. gearcity.ca Audio equipment to a lay man basically curtails the reproduction of sound as in the case of music systems and speakers

    ReplyDelete
  6. You can't simply connect noisy speakers to a PC, the yield from the PC is frequently only an earphone attachment and should be intensified.
    click this over here now

    ReplyDelete
  7. It makes you feel so much into the movie and you feel the bass that the subwoofer brings. A subwoofer is designed to reproduce dcm powered subwoofer low audible frequencies which are responsible for good sounds that you hear from your computer and television.

    ReplyDelete
  8. Gan subwoofer itu bagusnya di lubangin apa rapet ya

    ReplyDelete