Tutorial cara mengganti motor dinamo drone Syma X5HW dengan mudah

syma indonesia, tutorial bagaimana cara lepas ganti motor dinamo drone syma x5hw - pramud blog

pramud blog - Tutorial lengkap bagaimana cara melepas, memasang dan mengganti dinamo motor pada drone syma X5HW. Repair, service atau memperbaiki drone syma X5HW yang rusak tidak berputar baling-baling-nya.

  Sahbat pramud yang berbahagia, berjumpa kembali dengan blog yang sederhana ini. Dan pada kesempatan kali ini kita akan sedikit banyak membahas tentang drone murah meriah dari syma yakni masih tetap dengan syma X5HW.

  Dan pada artikel ini saya akan mengulas tutorial bagaimana caranya mengganti motor atau dinamo pada drone syma X5HW ini. Yup... bagi sahbat yang gemar mengendalikan dan hobi dengan drone pasti pernah merasakan yang namanya drone nya mengalami kerusakan, terutama pada dinamo motornya.

  Kenapa motor atau dinamo pada drone bisa rusak? Sahbat pramud, ada beberapa faktor yang menyebabkan motor / dinamo pada drone rusak sehingga baling baling drone tidak mau berputar. Kerusakan motor / dinamo pada drone biasanya coil (lilitan) putus atau terbakar.

Faktor yang mempengaruhi motor pada drone bisa rusak:

- Tegangan masuk ( voltage ) pada input motor terlalu besar (tinggi) melebihi dari spesifikasi motor itu sendiri.
- Beban motor terlalu besar, yang mengakibatkan panas dan lilitan / coil / spul pada motor terbakar atau putus. Kejadian ini bisa terjadi ketika drone lagi terbang, kemudian baling-baling nya nyangkut dan tidak bisa berputar dengan sempurna sehingga motor akan menerima beban yang lebih besar dan kemudian motor / dinamo pada drone pun terbakar.

  Oke sahbat pramud, langsung saja kita lanjutkan bagaimana cara mengganti motor pada drone syma X5HW yang rusak.

  Pertama-tama kita harus bongkar dulu drone syma X5HW, jika sahbat belum tahu bagaimana cara membongkarnya, monggo baca artikel sebelumnya DI SINI tentang cara membongkar drone syma X5HW ini.

  Setelah kita berhasil membongkar bodi atau casing dari drone Syma X5HW, kemudian kita beralih ke bagian gearbox dimana motor / dinamo yang rusak. Untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

syma indonesia, cara melepas motor pada gearbox syma x5hw - pramud blog

  Kemudian kita lepaskan motor atau dinamo drone syma X5HW dengan cara kita tarik (cabut) pelan-pelan sahbat. Yup persis seperti gambar dibawah ini ya sahbat.

syma indonesia, bagaimana cara melepas dinamo motor drone syma x5hw - pramud blog

  Dan jika dengan cara ditarik agak susah, maka kita lakukan dengan cara lain yakni ditekan ke dalam pada bagian yang ada gearnya, seperti gambar dibawah ini.

tutorial cara melepas dinamo motor drone syma x5hw indonesia - pramud blog

  Dan akhirnya, dinamo / motor drone syma X5HW terlepas dari dudukannya / gearbox nya.

syma indonesia, cara mencopot dan melepas motor dinamo drone syma x5hw - pramud blog

  Sahbat pramud, setelah itu kita lepaskan kabel motor / dinamo drone syma X5HW yang rusak tadi dengan menggunakan solder sahbat.

syma indonesia, cara melepaskan kabel motor dinamo drone syma x5hw - pramud blog

  Dan akhirnya, motor pada drone syma X5HW sudah berhasil kita lepas / copot sahbat.

tutorial mengganti motor dinamo drone syma x5hw indonesia - pramud blog

  Langkah selanjutnya adalah kita ambil atau siapkan motor penggantinya (baru) sahbat. Akan tetapi harus kita ingat sahbat, motor yang untuk mengganti harus sama dengan yang rusak. Maksudnya, kita harus ganti dengan putaran yang sama karena drone ini menggunakan jenis motor yang berbeda sahbat.

Jenis motor dinamo syma X5HW :
- CW - warna kabel merah (+) dan biru (-) , putaran searah jarum jam
- CCW - warna kabel putih (+) dan hitam (-), putaran berlawanan arah jarum jam


cara ganti motor drone syma x5hw yang rusak, syma indonesia - pramud blog

  Kemudian langkah selanjutnya kita pasang motor yang baru ke tempatnya atau dudukan pada gearbox nya. untuk lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini sahbat.

tutorial cara memasang motor dinamo drone syma x5hw indonesia - pramud blog

  Dengan cara memasukan ke dudukan motor kemudian tekan pelan-pelan. Dan jika dudukan motor kurang pas ( masih oblak) sebaiknya pada bodi motor kita solasi biar kuat dan tidak oblak sahbat.

cara memasang dan mengganti motor dinamo drone syma x5hw indonesia- pramud blog


tutorial cara memasang motor baru pada drone syma x5hw - pramud blog

  Setelah motor atau dinamo drone dipasang pada bagian gearbox, kemudian kita pasang kabel motor dengan cara di solder di rangkaian pcb nya sahbat.

cara memasang kabel drone syma x5hw dengan solder - pramud blog

  Dan untuk pemasangan kabel motor nya jangan sampai keliru atau terbalik ya sahbat. Dan didalam rangkaian pcb nya sendiri sudah ada tulisannya M+ (positif) dan M- (negatif).

cara pasang lepas dan ganti motor dinamo drone syma x5hw indonesia - pramud blog

  Dan akhirnya, motor drone syma X5HW sudah diganti dengan sempurna sahbat. Kemudian kita kembali cek dulu apakah pemasangan kabel-kabelnya sudah benar atau belum.

tes drone syam x5hw yang sudah diganti motor dinamo baru - pramud blog





  Setelah dalam pengecekan tidak ada yang salah, selanjutnya kita tes drone syma X5HW yang sudah diganti motor / dinamo nya ini. Pasang baterainya, kemudian nyalakan drone dan konek kan ke remote control.

  Kemudian tes, Apakah motor yang baru diganti tadi berputar dengan baik. Jika iya, berarti sahbat pramud sudah berhasil mengganti motor drone syma X5HW yang rusak.

Sahbat pramud yang berbahagia... Demikianlah sedikit ulasan mengenai tutorial bagaimana cara mengganti motor dinamo drone syma X5HW yang rusak. Dan terima kasih untuk sahbat pramud semuanya yang telah meluangkan waktunya berkunjung di blog yang sederhana ini..










Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tutorial cara mengganti motor dinamo drone Syma X5HW dengan mudah"

  1. Is it for an automaton selfie incidental patio turn cultivating following tornadoes live gushing video appropriate within a consuming building or something out of the container. کوادکوپتر

    ReplyDelete
  2. The 6-pivot framework is the one that awards soundness to the automaton. drones

    ReplyDelete
  3. Electric motor repair experts are people that are very knowledgeable with motors and dc motor repair many other components of electrical equipment. Many of these experts begin working with electronics at a young age. Although they are considered experts, not all have gone to school for it.

    ReplyDelete
  4. People are now thinking about converting their cars in electric vehicle for several reasons and they are always confused about what to do and what they need to purchase but, once they get involved in the project, Dealer-Owned Prepaid Maintenance they find out that it is so simple and all you just need to do is to follow the step by step instructions in order to install your electric car motor and its accessories.

    ReplyDelete
  5. For quite a while it might seem like their moves are whimsical, however after some time, it is workable for the individuals who are sufficiently adroit, to check what is happening and how to best utilize a sale to make a deal. Best Covers for Car Seats

    ReplyDelete
  6. How, you inquire? The V8 motor is more appropriate for speed driving. You will locate the best use for it in this world by driving in the Autobahn. Nonetheless, in the event that you are one of those customary city drivers, a 1.8-liter motor will be best for you. Best GPS Trackers for Car

    ReplyDelete