Apakah bisa Ram laptop DDR3 diganti dengan Ram DDR3L ?


apakah bisa ram laptop pc3-10600s diganti dengan pc3l-12800 - pramud blog
pramud blog - Cara ganti ataupun upgrade ram laptop SODIMM. Dan apakah bisa ram bawaan laptop DDR3 / (1,5v) diganti dengan ram DDR3L PC3L (1,35v) low voltage?  Asus K43SJ / A43


  Sahbat pramud yang berbudiman, Sebuah laptop sekarang ini adalah merupakan sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri. Apalagi di dalam dunia digital sekarang ini, laptop bisa memnuhi kebutuhan seperti untuk pekerjaan, hobi, maupun hiburan.

  Begitupun dengan saya pribadi, Sebuah laptop sangatlah penting untuk menunjang kegiatan sehari hari dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah mengetik dan bisa share artikel di blog kesayangan ini, hehe.

  Dan salah satu faktor komponen yang penting untuk kinerja laptop kita adalah memori RAM. Yup, disini kita tidak akan membahas tentang seluk beluk RAM dengan spesifik.

  Sahbat pramud yang belum tahu pasti penasaran, apakah perbedaan dari ram DDR3 dengan DDR3L? DDR3 adalah merupakan ram dengan tegangan 1,5V. Sedangkan DDR3L adalah ram yang bekerja di tegangan 1,35V, dan lebih hemat energi dibanding yang biasa.

  Bagaimana cara membedakan ram DDR3 (1,5V) dengan DDR3L (1,35V) ? Biasanya untuk yang DDR3 biasa di ram nya tercantum tipe PC3, sedangkan yang low voltage (DDR3L) tercantum tipe PC3L. Ada juga ram yang tercantum tulisan tegangan 1,5V atau 1,35V. Jadi, sangat mudah untuk mengenali perbedaannya sahbat.

   Mungkin ada juga sahbat yang bingung, apakah bisa laptop yang ram DDR3 diganti dengan DDR3L? Sebuah pertanyaan yang cukup menarik dan harus dipraktekan untuk menjawabnya.

  Untuk itu saya menulis artikel yang singkat ini untuk membuktikan apakah bisa DDR3 ram pada laptop diganti dengan ram DDR3L low voltage. Mari kita lanjutkan sahbat....!!


  Untuk mempraktekkannya, disini saya menggunakan sebuah laptop ASUS K43SJ dengan prosesor intel core i3 2330M.

apakah bisa ram laptop ddr3 diganti dengan ram low voltage ddr3l pc3l?

Dibawah ini adalah screenshot spesifikasi prosesor asus K43SJ

spesifikasi prosesor dari laptop asus k43 - pramud blog

Dan Asus K43 ini bawaan memori ram menggunkan 2 buah DDR3 2GB PC3-10600S.

screenshot spesifikasi ram laptop ddr3 2gb pc10600 asus k43sj - pramud blog

  Oke sahbat, kemudian saya copot atau lepas ram bawaan laptop saya tadi. Setelah itu saya ganti dengan ram 4GB merk samsung DDR3L dengan tipe PC3L-12800. Dan bagaimana hasilnya?

sodimm 4GB samsung DDR3L PC3L-12800 di asus k43sj

  Walaupun laptop saya pada awalnya memakai ram yg biasa dengan tegangan 1,5v (DDR3) dan sekarang saya ganti dengan ram low voltage 1,35v (DDR3L) tidak masalah. Laptop K43SJ pun berjalan dengan baik dan normal seperti biasanya.

  Apalagi saya ganti dengan spesifikasi ram yang tipe dan speednya berbeda, yang aslinya pakai PC3-10600s saya ganti dengan PC3L-12800 low voltage. Ya.. walaupun kecepatan atau speed tetap mentok di 600-an Mhz seperti menggunakan ram yang 10600. Kemungkinan sih karena prosesornya spesifikasi speed maksimalnya hanya mentok segitu. 


cpu-z ddr3l pc3l 12800 4gb samsung di asus a43sj

  Setelah kita mengamati gambar diatas, walaupun di CPU-Z masih terbaca DDR3 dan PC3-12800, ternyata tegangan (voltage) terbaca berbeda. Dimana dengan ram bawaan terbaca tegangan 1,5V dan setelah diganti dengan ram DDR3L terbaca tegangan 1,35V.

  Sahbat pramud, dari ulasan diatas seperti bagaimana yang saya praktekan dan alami sendiri, ternyata ram laptop yang aslinya menggunakan DDR3 bisa diganti dengan ram low voltage DDR3L. Dan hal ini bisa terjadi karena biasanya ram low voltage (DDR3L) ini mampu bekerja di dual voltage, yakni bisa bekerja di 1,5V dan 1,35V.

  Akan tetapi saya juga tidak menjamin untuk semua laptop dan semua ram bisa diganti dengan tipe DDR3L seperti ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti RAM nya itu sendiri dan spesifikasi dari prosesor yang dibenamkannya.

Sahbat pramud, demikianlah sedikit ulasan tentang bagaimana cara mengganti maupun upgrade RAM laptop dengan berbeda tipe dan jenis DDR3 diganti dengan low voltage / DDR3L. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi sahbat semuanya. Terimakasih bagi sahbat yang telah meluangakan waktunya untuk mengunjungi blog sederhana ini,,,,,







Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Apakah bisa Ram laptop DDR3 diganti dengan Ram DDR3L ?"

  1. makasih min informasinya mengenai ram laptop ini...
    solder uap

    ReplyDelete
  2. om mau nanya kalau misal ram bawaan laptopnya ddr3l lalu ditambahkan ram ddr3 apa boleh? apa ada resikonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab gak bisa gan kalau bawaan ddr3l ya harus ddr3l gantinya soalnya slot udah diset 1.35v bukan 1.5v

      Delete
    2. pernah coba di laptop asus tmn, layarnya jd bergaris kedip² gt kaya over voltage 😆

      Delete
    3. AJIGAGAS. overvoltage? itu bukannya klo mainboard 1.5V tp dipasang RAM 1.35V ya?
      sdgkan pertanyaan di atas kan mainboard 1.35V, jelas gak kuat mentenagai RAM 1.5V dong.

      Delete
  3. This web site is really a walk-through you discover the knowledge it suited you about this and didn’t know who to inquire about. Glimpse here, and you’ll undoubtedly discover it. https://royalcbd.com/faq/

    ReplyDelete
  4. This is my first visit to your web journal! We are a group of volunteers and new activities in the same specialty. Website gave us helpful data to work. computer repair Kansas city

    ReplyDelete