Review kelebihan drone syma X5HW

review kelebihan dan kekurangan drone syma X5HW indonesia

Review lengkap serta apa saja kelebihan dan kekurangan drone syma X5HW indonesia. Mengulas tentang spesifikasi lengkap drone syma X5HW. Monggo disimak tentang syma X5 series ini sahbat pramud!!


  Drone syma X5HW merupakan drone 5X series versi terbaru dari syma. Sebelumnya kita sudah mengulas tentang kesan pertama unboxing syma X5HW DI SINI

  Dan sekarang tiba saatnya mengulas tentang full review kelebihan dan kekurangan dari drone terbaru syma X5HW. Sahbat pramud, ada berbagai alasan yang mendasar kenapa saya menjatuhkan pilihan kepada drone syma X5HW ini.

  Kenapa syma X5HW pantas kita pinang / miliki? Tak lepas dari karena saya merupakan orang baru di dunia drone ini. Dan karena saya masih newbie, istilahnya masih bau kencur dan dalam taraf belajar. Oleh sebab itu saya memilih drone syma X5HW untuk belajar mengendalikan drone ini. Syma X5HW terpilih karena sangat cocok bagi pemula serta dengan alasan harga yang murah, desain yang simpel dan banyak fitur.

  Yang menarik dari drone syma ini adalah fitur-fitur yang tidak kalah dari merk lain. Syma X5HW sudah bisa FPV sahbat. Jadi kita bisa lihat hasil video real time lewat handphone android. Drone syma X5HW merupakan penyempurnaan dari drone X5 series sebelumnya.

Sahbat pramud, untuk spesifikasi lebih lengkapnya dari drone syma X5HW sebagai berikut,

Spesifikasi drone syma X5HW indonesia:
  • Ukuran drone quadcopter : 33 x 33 x 11 cm, berat: 112gram
  • Frekuensi kontrol 2,4GHz, 4 chanel, 6 axys gyro
  • Baterai drone : 3,7V / 500mAh Lipo
  • Baterai remote control : 4 x 1.5V AA baterai
  • Waktu pengisian baterai sekitar 130 menit
  • Waktu terbang sekitar 5-7 menit
  • Jangkauan sekitar 100 meter
  • FPV, HD kamera 2MP
  • Headlees mode, Altitude Hold, Hover function

Sahbat pramud, mari kita lanjutkan review tentang drone syma X5HW, monggo disimak!

DESAIN

  Untuk desain drone syma X5HW ini cukup menarik sahbat. Drone dengan dimensi yang tanggung kalau menurut saya. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga. Dengan demikian drone ini sangat cocok bagi pemula seperti saya ini.

  Drone syma X5HW yang saya pinang ini warnanya biru. Sebenarnya, pada awalnya saya pingin yang warna putih. Tapi sayangnya yang warna putih habis sahbat, ya mau gak mau dapatnya warna biru ini. Tapi tak apalah, toh sama saja kan sahbat? Apalah arti dari sebuah warna? haha

  Drone syma X4HW ini menggunakan 4 buah baling-baling atau sering disebut dengan Quadcopter. Dan tidak ketinggalan drone ini juga dibekali protektor baling-baling. Tujuannya untuk melindungi baliang-baling kalua drone jatuh atau crash. menggunakan 4 kaki atau landing gear untuk pijakan sang drone ini.

  Dan saya akui untuk desain maupun bentuknya simpel namun tetap keren. Setelah unboxing kemarin, terus saya lanjutkan dengan merakitnya sahbat. Bagaimana cara merakit syma X5HW? Mudah banget, sahbat tinggal lihat di buku manualnya aja. Untuk lebih jelasnya silahkan amati dan perhatikan gambar-gambar syma X5HW setelah dirakit dibawah ini!

- Tampak dari sisi depan dan terlihat dengan jelas lensa kamera memandang kedepan. Untuk bagian atau sisi depan juga ditandai dengan led warna orange sahbat.

review kelebihan drone syma X5HW indonesia

-Tampak bagian drone syma X5HW ditandai dengan LED warna hijau.

kelebihan dan kekurangan drone syma x5hw

- Dibagian sisi samping syma X5HW juga tidak kalah kerennya.

review lengkap tentang kekurangan dan kelebihan syma x5hw

- Dibagian atas syma X5HW terlihat ditengah terdapat tulisan ''syma X5HW''.

review kelebihan drone syma X5HW indonesia

- Dibagian bawah terlihat jelas kamera FPV yang nemplok tepat ditengah bawah body. Dan juga terdapat tombol on/off serta empat buah kaki ( landing gear ) yang kekar. O iya sahbat, terlihat juga lampu led disetiap lengannya.

review lengkap drone syma X5 series

REMOTE CONTROL

  Sahbat pramud, mari kita lanjutkan dengan remote control drone syma X5HW. Remote dengan warna putih dan sedikit aksen warna merah pada tombolnya makin apik dalam pandangan mata. Dengan antena yang pendek, remote control ini bekerja di frekuensi 2,4 GHz.

  Remote ini juga terdapat layarnya sahbat, untuk memantau sinyal, status, baterai dan posisi.Dan juga ada lampu Led untuk indikator konek dengan drone quadcopternya.

review kekurangan dan kelebihan drone syma x5hw

  Remote control syma X5HW ini membutuhkan sumber daya empat buah baterai 1,5V dengan ukuran baterai AA.

baterai remote pada syma x5hw indonesia

BATERAI

  Drone syma X5HW dibenamkan sebuah baterai untuk menyuplay sumber dayanya. Menggunakan baterai LiPo bertegangan 3,7V dengan kapasitas 500mAh. Untuk kapasitasnya ini termasuk kecil sahbat, belum lagi drone ini pakai kamera FPV. Yang pasti kerja baterai semakin berat dan cepat habis tentunya.

spesifikasi baterai drone syma x5hw - pramud

  Selain kita mendapatkan baterai dengan kapasitas kecil, kita juga mendapatkan kabel USB charger. Dan fungsi kabel tersebut adalah untuk mengecas baterai. 

kabel usb cas, charger baterai syma x5hw

Bagaimana cara mengecas / charger baterai syma X5HW?
  1. Hubungkan soket baterai ke soket kabel USB
  2. Kemudian colokan kabel USB ke laptop, power bank atau charger handphone
  3. Lampu Led pada kabel USB menyala merah itu tandanya sedang proses pengisian baterai.
  4. Dan kalau lampu led sudah mati, bearti baterai sudah terisi penuh
  Sahbat pramud, demikianlah langkah-langkah dalam pengisian baterai syma X5HW ini. Untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

bagaimana cara mengecas, charger baterai syma X5HW indonesia


TES TERBANG

  Sahbat pramud, review selanjutnya yaitu tes penerbangan atau test flight pada drone syma X5HW. Pertama, tidak lupa saya pasang semua baterai yang ada di drone quadcopter maupun pada remote controlnya.

  Setelah itu ON kan tombol on/off yang ada dibawah drone, dan lampu led pada drone akan menyala kedip-kedip. Kemudian nyalakan remote control dengan menggeser tombol on/off diposisi on.

  Bagaimana cara menyambungkan / mengonekkan remote control dengan drone ? Untuk mengkonekkannya kita arahkan tuas kiri ke atas dan kebawah yang ada pada remote. Kemudian lampu led pada syma X5HW akan berhenti berkedip, dan lampu led akan menyala terus.

bagaimana cara mengonekan, sinkronkan remote syma x5hw

  Setelah itu arahkan ke atas dan lepaskan tuas kiri pada remote. Maka baling-baling pada drone syma X5HW akan berputar. setelah itu drone ini siap untuk diterbangkan mengarungi angkasa.

cara conect remote pada syma x5hw

  Sahbat pramud, drone syma X5HW cukup mudah diterbangkan. Untuk pengendaliannya pun termasuk gampang dan nurut. Apalagi syma X5HW sudah ada fitur Altitude Hold jadi makin asyik untuk kita kendalikan. Dan cocok banget bagi pemula seperti saya ini.

review, tes terbang drone syma x5hw indonesia

  Akan tetapi walaupun terdapat fitur altitude hold, drone syma X5HW ini menurut saya masih kurang stabil, masih goyang dan naik turun. Dan hal yang paling menjengkelkan adalah ketika saya sedang asyik mengendalikan drone, bermanuver tiba-tiba loss signal. Hadewh... ini mungkin yang membuat saya kurang nyaman. Dan sudah berkali-kali sya kalibrasi, hasilnya tetap sama yaitu sering loss signal. Dan setelah saya selidiki ternyata diarea pengetesan banyak sinyal wifinya , mungkin itu yang menyebabkan terganggunya koneksi drone ini.

KAMERA FPV

  Drone syma X5HW juga sudah dilengkapi dengan fitur kamera FPV, jadi kita bisa langsung melihat hasil video lewat smartphone Android maupun iOS.

Untuk bentuk fisik dari kamera fpv syma X5HW seperti gambar dibawah ini sahbat.

bentuk dari kamera fpv syma x5hw indonesia

  Bagaimana hasil video dari kamera fpv drone syma X5HW? Sahbat pramud, untuk hasil video dari kamera fpv syma X5HW ini tidak terlalu bagus. Dengan Kamera HD dengan kapasitas 2MP hasil videonya kurang tajam, noise dan buram. Dan juga untuk hasil videonya patah-patah, ya mungkin karena videonya langsung disimpan di storage HP dan lewat proses rekamnya lewat wifi.

Cara menghubungkan kamera fpv drone syma X5HW dengan handphone android dibahas di artikel selanjutnya DI SINI

  Dengan hasil video yang kurang memuaskan tak lain halnya dengan hasil foto dari kamera syma X5HW ini yang juga kurang memuaskan. Hasil fotonya kurang tajam dan agak buram. Ya mungkin semua itu sebanding dengan harganya sahbat. untuk hasil foto dari kamera syma X5HW ini silahkan lihat gambar dibawah ini!

hasil kamera fpv drone syma x5hw indonesia



  Sahbat pramud, demikianlah sedikit ulasan tentang review drone syma X5HW indonesia yang baru saja saya pinang. Dan untuk drone ini pasti juga ada kelebihan maupun kekurangannya. Dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari drone syma X5HW ini?

Kelebihan Syma X5HW ;
  1. Kamera FPV, HD 2MP
  2. Altitude Hold
  3. Harga terjangkau
  4. Banyak sparepart / suku cadang

Kekurangan Syma X5HW ; 
  1. Hasil kamera kurang tajam dan agak buram
  2. Walaupun sudah ada Altitude Hold, tetapi kurang stabil
  3. Bentuk yang relatif kecil, sehingga tidak bisa angkat action cam

  Sahbat pramud. itulah hasil dari tes dan review dari saya tentang drone syma X5HW indonesia. Dan mungkin masih banyak kurang dan kesalahan dalam penulisannya, harap dimaklumi. Jika ada kritik dan saran monggo langsung aja di kolom komentar sahbat. Terima kasih telah mengunjungi blog saya, pramud.com
Jangan lupa baca juga artikel selanjutnya tentang Upgrade baterai syma X5HW



Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Review kelebihan drone syma X5HW"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. software buat camera sdh sy download tp tdk mau konek.... mohon penjelasan n tutorialnya
    salam

    ReplyDelete
  3. software buat camera sdh sy download tp tdk mau konek.... mohon penjelasan n tutorialnya
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dibaca artikel berikutnya sahbat... tutorial cara menghubungkan kamera fpv drone syma dengan hanphone android.

      http://www.pramud.com/2017/03/cara-menghubungkan-kamera-fpv-drone-syma-di-android.html

      Delete
  4. Punya Saya Kalo lampu charger Merah Artinya Penuh dan Kalo pas Charging itu lampu gak menyala

    ReplyDelete
  5. Knp y syma x5hw saya ngg mau konek drone ama remot y bisa jelaskan gan cara ngatasi y

    ReplyDelete
  6. Furthermore,big rc helicopters reviews this must be done each and every time you are flying the drone. Each time that the drone will be utilized it should be checked.

    ReplyDelete
  7. The price starts from as low as $1 and follows an upward trend depending on their make and model. For example, carbon fiber propellers cost around $50.rc judge

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. If you have a special occasion coming up in your life, you can rent a drone to capture amazing aerial shots of the event. Taking photos is not very difficult; all you have to do is position the camera to a specified location and then capture the scene.best drones under 500

    ReplyDelete
  10. Yikes this definitely takes me back, where are your contact details hmm? https://royalcbd.com/product/cbd-oil-1000mg/

    ReplyDelete