Upgrade baterai drone syma X5HW

pengujian baterai syma x5hw dengan upgrade baterai

  Sahbat pramud, di sini saya masih akan membahas tentang drone syma X5HW ini. Ketika kita membeli sebuah drone apapun merknya, hal pertama yang sering muncul yakni sebuah pertanyaan. Dan pertanyaan itu adalah mengapa dan kenapa drone ini terbangnya tidak bisa lebih lama?


  Begitu pula dengan saya, timbul pertanyaan yang selalu muncul ketika mencoba atau tes terbang drone syma X5HW ini. Kenapa drone syma X5HW waktu terbangnya cuma sebentar? Apakah syma X5HW ini tidak bisa terbang lebih lama lagi? Ataukah mungkin dia lelah??

  Setelah dipikir-pikir, wajar sajalah drone syma X5HW ini hanya mampu terbang sebentar di udara. Pasalnya, syma X5HW hanya dibekali dengan baterai mungil berkapasitas 500 mAh. Dengan begitu ya... maklumlah syma X5HW ini terbang cukup megap-megap kehabisan napas di udara.

  Sahbat pramud, agar sang quadcopter syma X5HW bisa terbang agak sedikit lama ( cuma sedikit ) salah satu caranya adalah dengan upgrade baterai dengan kapasitas (mAh) yang lebih besar. Seperti yang saya lakukan, saya cari baterai dengan tegangan yang sama tapi dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar.

  Baterai bawaan atau aslinya dari drone syma X5HW hanya berkapasitas kecil yakni 500mAh dengan tegangan 3,7V.

baterai asli 3,7v 500mAh drone syma x5hw

  Dan untuk upgrade baterai syma X5HW ini saya menggunakan baterai merk BLL, baterai ini juga khusus untuk syma X5HW jadi tinggal pasang saja sahbat. Untuk baterainya sendiri saya memilih baterai ini dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari baterai asli syma X5HW. Baterai ini bertegangan 3,7V dan dengan kapasitas 1200mAh, harganya pun cukup bersahabat.

  Untuk penampakan atau wujud dari baterai 1200 mAh untuk drone syma X5HW seperti gambar dibawah ini.

upgrade baterai 1200mAHW syma X5HW - pramud

  Perbandingan dimensi atau ukurannya cukup signifikan. Dengan ketebalan baterai dua kali lipat dari baterai aslinya sahbat. Untuk lebih jelasnya monggo lihat gambar dibawah ini!

perbandingan baterai syma x5hw 500mAh dan 1200mAh

Sahbat pramud, tiba saatnya kita akan uji atau mengetes ketahanan kedua baterai syma X5HW ini. Apakah perubahan dalam upgrade baterai drone syma X5HW ini?

Untuk metode pengetesan ketahan kedua baterai syma X5HW yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
  • Pengetesan atau pengujian saya lakukan di pagi hari
  • Kondisi cuaca yang mendukung, tidak ada hembusan angin
  • Untuk metode penerbangannya sendiri standar, tanpa kamera fpv, dengan kecepatan dan ketinggian yang stabil, serta manuver yang ringan
  • Untuk pengukuran waktu ketahanan kedua baterai ini metodenya juga sama, start saat drone naik terbang dan stop saat indikator baterai pada drone kedip-kedip.

tes uji ketahanan baterai syma X5HW dengan terbang di udara

  Dan untuk pengetesan ini, baterai syma X5HW asli (bawaannya) yang saya tes pertama kali atau terlebih dahulu. Setelah itu baru saya tes baterai syma X5HW yang kapasitasnya 1200 mAh.

  Dan untuk hasilnya, perbedaan dari kedua baterai ini cukup signifikan. Untuk hasil dari pengetesan baterai asli dengan kapasitas 500mAh, drone syma X5HW ini mampu bertahan di udara selama 8 menit, 27 detik.

 Dan yang kedua, untuk pengetesan baterai syma X5HW dengan kapasitas 1200 mAh, hasil waktu yang diperoleh drone syma X5HW mampu terbang selama 15 menit, 33 detik.

  Untuk hasil dan waktu yang diperoleh dari pengujian oleh kedua baterai atau upgrade baterai syma X5HW bisa dilihat gambar dibawah ini!

waktu yang dihasilkan uji tes baterai syma x5hw

  Sahbat pramud, dari hasil pengujian atau pengetesan ketahanan baterai yang saya lakukan tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk upgrade baterai syma X5HW ini perbedaannya sangat signifikan. Dengan mengganti baterai drone syma X5HW dengan baterai kapasitas 1200 mAh mengalami peningkatan hampir dua kali lipatnya.

  Jadi, bagi sahbat pramud yang ingin drone nya lebih lama nangkring di udara, wajib upgrade baterai drone dengan kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi saya menyarankan sahbat pramud harus menggunakan baterai yang recomended dan jelas kuwalitasnya. Jangan pakai yang abal-abal, dan jangan tergiur dengan harga murah dengan tulisan ampere (mAh) yang besar. Dan inilah syarat yang mutlak dan tidak bisa diganggu gugat " ampere makin besar, dimensi baterai juga makin besar dan berat".

Sekian dulu sahbat pramud, semoga bisa membantu. Dan jangan lupa selalu tongkrongin blog abal-abal ini sahbat! terimakasih......




Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Upgrade baterai drone syma X5HW"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. gan, kalau di modifikasi pakai baterai li-ion 2600mAh 3.7v bisa gg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, pasang baterainya jangan terbalik tegangannya...

      Delete
    2. Bang beli batrenya dimana , minta infonya dong

      Delete
    3. Gan drone ane btre ori nya rusak. Dan saya ganti batre hp dengan kapasitas 2200mah dan 3.7v... dan bisa nyala . Tapi stiap saya tancap gas nya knapa slalu mati ya .. mohon penjelasanya

      Delete
  3. Gan, di tokopedia ada yg 2500 mah
    Harga 120 rb

    Berarti sampe setengah jam dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... kurang tahu sob kalau itu, soalnya belum pernah coba..

      Delete
  4. Om semasa pengujian om on x camera fvp

    ReplyDelete
  5. Om semasa pengujian om on x camera fvp

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam pengujiannya tanpa menggunakan kamera FPV...

      Delete
  6. Semakin besar Mah pada baterai apa ga berpengaruh pada mesin drone itu sendiri takutnya semakin kita perbesar Mah baterai drone qt melebihi kapasitas...

    ReplyDelete
  7. Semakin besar Mah pada baterai apa ga berpengaruh pada mesin drone itu sendiri takutnya semakin kita perbesar Mah baterai drone qt melebihi kapasitas...

    ReplyDelete
  8. Gan apakah aman pake baterai lebih dari 500mAh? dan selama pake dengan kapasitas besar seperti itu ada dampak negatifnya gak Gan? Misal mesin,dinamo cepat panas, atau lain-lain?

    ReplyDelete
  9. Gan klo kameranya syma x5 hw 2mp bukan ya?
    Apakah bisa d ganti?

    ReplyDelete
  10. right now, i am using LED desk lamps because they do not heat as much as incandescent desk lamps- https://royalcbd.com/product/cbd-oil-1000mg/

    ReplyDelete